3 Tips Jitu untuk Mendesain Sekolah Taman Kanak-Kanak

Sekolah Taman Kanak-Kanak dapat dikatakan sebagai pengenalan untuk anak-anak sebelum memasuki bangku sekolah yang sesungguhnya. Banyak sekali ilmu-ilmu baru yang belum diajarkan di rumah misalnya. Untuk itu perlu dihadirkan suasana yang mendukung agar anak-anak yang berusia 6 tahun ke bawah itu merasa nyaman dalam proses pembelajaran. Salah satu yang peran penting dalam proses belajar mereka adalah desain interior sekolah itu sendiri. Agar mengetahui desain apa yang sesuai untuk Sekolah Taman Kanak-Kanak, berikut ini kami hadirkan beberapa tips jitunya untuk Anda.

3 Tips Jitu untuk Mendesain Sekolah Taman Kanak-Kanak

3 Tips Jitu untuk Mendesain Sekolah Taman Kanak-Kanak

Ciptakan Suasana Ceria dengan Menghadirkan Beragam Warna

Anak-anak akan cenderung tertarik dengan desain yang berwarna-warni. Selain itu, warna memiliki efek fisiologis positif bagi tumbuh kembang anak itu sendiri. Selain pada dinding dan furniture, penambahan warna-warna ini dapat di aplikasikan pada pajangan dinding seperti lukisan dan gambar-gambar pendukung pembelajaran.

Pilih Furniture dengan Bahan yang Aman

Pemilihan furniture yang sesuai untuk anak-anak memanglah sangat penting sekali. Hindari pemilihan bahan yang tajam atau perabot berbahan kaca. Untuk karpetpun sama. Pilih yang berbahan lembut karena sering kali anak-anak tersebut menghabiskan waktu untuk duduk di karpet.

Prioritaskan Kebersihan dan Keamanan

Di sekolah pasti disediakan sarana kebersihan sepeti kamar kecil dan wastafel. Untuk kamar kecilnya, pilihlahlah keramik yang tidak licin sehingga aman ketika digunakan oleh anak-anak. Sesuaikan pula ukuran wastafel agar mudah dijangkau. Desainnya pun buatlah simple saja asalkan selalu terjaga kebersihannya. Jika sekolah memiliki dua lantai atau lebih dan memiliki balkon, perlu diingat bahwa keselamatan bagi anak-anak adalah hal yang paling utama. Untuk itu, perlu untuk di tambahkan pagar pada balkon tersebut agar keselamatan anak-anak terjaga selama proses belajar berlangsung.

Sejatinya, desain suatu ruangan akan sangat berpengaruh bagi mood seseorang, namun bagi anak-anak tak hanya itu saja. Warna-warna ceria akan memberikan rasa nyaman dan antusias belajar bagi mereka. Itulah 3 Tips Jitu untuk Mendesain Sekolah Taman Kanak-Kanak, semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin mendesain ulang Sekolah Taman Kanak-Kanak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *