Cara Budidaya Tanaman Kemangi dengan Sistem Hidroponik

Teknik budidaya tanaman hidrponik saat ini memang lagi digandrungi oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan yang memang sudah minal lahannya. Salah satu tumbuhan atau pun tanaman yang dapat dibudidayakan dengan teknik hidroponi ini adalah kemangi. Ya, kemangi memang banyak diusahakan untuk dibudidayakan salah satunya adalah jenis kemangi lokal yang hingga kini masih belum jelas nama atau pun varietasnya. Penampilan tanaman kemangi ini memang cukup rimbun, dengan daun yang berwarna hijau muda, dan bunga putih yang tampak kurang menarik. Selain hal tersebut, kemangi juga lebih sering digunakan sebagai lalapan, ada pula yang menggunakannya sebagai campuran sayuran tertentu. Tanaman satu ini memiliki aroam harum yang sangat khas. Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara budidaya kemangi ini dengan sistem hidroponik, Anda bisa simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Budidaya Tanaman Kemangi dengan Sistem Hidroponik
Budidaya Tanaman Kemangi dengan Sistem Hidroponik

Budidaya tanaman kemangi dengan sistem hidroponik

Sistem budidaya hirdoponik tanaman kemangi ini sebetulnya sangat cocok sekali bila diterapkan di daerah perkotaan atau pun daera urban, sebab ada banyak manfaatnya, seperti lebih hemat tempat dan juga ramah lingkungan. Contoh tanaman dengan sistem hidroponik yag mudah sekali untuk ditanam dengan cara menanam hidroponik tersebut adalah jnis tanaman hidroponik. Hal yang wajib Anda perhatikan dalam menanam tanaman hidroponik ini adalah media tanam serta nutrisi hidroponik atau pun pupuk hidroponiknya. Pastinya jika media tanamnya cukup poros, sehingga air dan juga nutrisi bisa diserap dengan baik oleh akar tanaman, akan tetapi juga cukup kokoh untuk bisa menompang tanaman hidroponik.

Tanaman Hidroponik Kemangi
Tanaman Hidroponik Kemangi

Perlu Anda tahu bahwasanya sejak umur 50 hari sesudah ditanam, daun kemanginya sudah dapat Anda petik. Silakan Anda lakukan pemetikan pada daun-daun kemangi yang muda, seperti halnya saat melakukan pemetikan pucuk teh. Pemetikan ini nantinya bertujuan untuk merangsang pertumbuhan cabang-cabang baru yang memungkinkan lebih banyak lagi tunas baru yang tumbuh. Tunas baru ini juga bisa Anda panen pada periode panen berikutnya. Yang mana panen pucuk kemangi ini bisa Anda lakukan sampai tanaman berumur tua. Jika Anda ingin tanaman kemanginya bisa berumur panjang, maka jangan pernah membiarkan tanaman kemangi berbunga dan juga berbuah. Pisahkah saja tanaman yang khusus untuk diambil bijinya sebagai bibit. Dengan demikian, tanaman yang akan diambil pucuknya tidak terganggu produkvitasnya.

Demikianlah cara budidaya tanaman kemangi dengan sistem hidroponik yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *