Ciptakan Suasana Damai Bali di Taman Rumah Anda

Bali yang terkenal akan panorama alam yang mempesona memang telah menyihir banyak wisatawan untuk datang menikmatinya. Selain keindahan alam Bali juga terkenal dengan desain rumah dan taman yang unik. Jika anda bosan menata taman dengan dekorasi yang terlalu biasa, anda patut mencoba mendesain taman bergaya Bali.

Gaya pertamanan Bali, tidak jauh berbeda dengan taman yang berada di daerah tropis lainnya. Penggunaan pohon-pohon yang rimbun serta lebat menjadi ciri khas taman bergaya Bali. Hal ini lah yang membuat wisatawan asing maupun lokal tertarik untuk mengadaptasi taman gaya Bali. Lalu fitu-fitur apa sajakan yang dominan untuk menghiasi pertamanan gaya ini? serta persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum mendesain taman bergaya Bali? simak beberapa poin berikut untuk membantu anda menciptakan suasana damai bali di taman rumah anda.

Ciptakan Suasana Damai Bali di Taman Rumah Anda

1. Pemilihan dan pengkombinasian warna

Kombinasi warna merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mendesain taman bergaya Bali. Selain warna hitam dan putih, perpaduan antara warna oranye, ungu dan emas juga sangat mendominasi dalam taman. Untuk memunculkan fitur oranye anda dapat menyulap beberapa pot dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi, kemudian cat pot-pot tersebut menggunakan waran oranye terang. Pot-pot ini nantinya dapat anda letakkan sejajar dan mengelilingi taman. Selain pot, penggunaan sarung bantal dan taplak meja akan memberikan kesan optimal pada taman bergaya Bali.

2. Tanam tumbuhan berdaun lebat

Seperti pada ulasan diawal bahwa taman gaya Bali identik dengan pepohonan yang lebat, namun yang perlu diperhatikan lebih adalah pemilihan jenis tanaman. Untuk anda yang tinggal di daerah berhawa dingin beberapa tanaman mungkin tidak cocok hidup di taman rumah anda. Untuk mensiasatinya anda bisa meletakkan tanaman apa saja asalkan berdaun lebat, terutama untuk tanaman yang akan di letakkan pada pot oranye. Misalnya, anda bisa memilih tanaman, philodendrons dan Xanadu philodendrons untuk memberikan nuansa hijau agar nampak serasi dengan warna oranye yang berasal dari pot.

3. Letakkan karya pahatan Bali dan bangku taman yang terbuat dari kayu jati

Karya pahatan atau patung Bali ini dapat ada letakkan di area pintu masuk menuju taman. Alternatif lainnya adalah dengan meletakkan patung diantara pot-pot tanaman. Selain itu anda juga bisa menambahkan bangku taman yang terbuat dari kayu jati untuk mempercantik tampilan taman. Kayu jati menjadi andalan untuk pembuatan bangu taman karena kayu ini mempunyai kualitas tinggi serta cukup tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Jalan setapak dari batuan alam

Sebagai sentuhan akhir, anda bisa mendesain taman dengan cara membangun jalan setapak yang terbuat dari bebatuan atau bisa juga menggunakan kerikil atau batuan kecil sebagai alternatif lainnya.

Nah, ulasan diatas semoga bisa menginspirasi anda untuk menciptakan suasana damai bali di taman rumah anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *